Senin, 08 April 2013

Kerusakan Cetakan Secara Berulang Pada Printer Laser


RUSAK Kerusakan Cetakan Secara Berulang Pada Printer Laser  Mencetak menggunakan printer laser memang lebih menguntungkan daripada mencetak menggunakan printer jenis lain. Walaupun harga printernya lebih mahal, namun apabila dihitung biaya cetaknya perlembar jauh lebih hemat menggunakan printer laser.
Seperti halnya mesin pada umumnya, semakin lama seiring penggunaanya printer ini akan mengalami penurunan performa. Biasanya terlihat dari hasil cetaknya yang sudah tidak seperti pada awal pemakaian. Salah satu kerusakan cetakan pada printer laser adalah timbul cacat pada hasil cetakan yang membentuk suatu perulangan, dari atas ke bawah, dengan bentuk kecacatan  yang sama persis dan memiliki jarak yang konstan.
Nah dengan menghitung jarak kecacatan tersebut, kita bisa mengetahui komponen apa yang mengalami kerusakan, dan kita bisa tentukan posisinya ada di cartridge atau di printernya.
Dasar analisanya adalah, bahwa sebuah printer laser sebagian besar komponennya (baik di printer maupun di cartridge) adalah berbentuk roller/silinder. Apabila pada komponen tersebut terdapat cacat atau kerusakan maka akan terbawa sampai ke hasil cetakan, dan membentuk suatu perulangan dengan jarak sesuai dengan keliling roller yang mengalami kerusakan tersebut.
Masalahnya adalah setiap printer laser memiliki ukuran komponen roller yang berbeda-beda sehingga, data ukuran keliling roller dari satu printer tidak bias digunakan pada printer yang berbeda.
Berikut ini komponen printer laser yang berbentuk roller :
  1. OPC Drum, terdapat pada semua jenis cartridge.
  2. PCR atau Primary Charging Roller, terdapat pada cartridge.
  3. Magnetic Roller atau Developer Roller, terdapat pada cartridge
  4. Supply Roller atau Adder Roller, terdapat pada cartridge jenis tertentu
  5. Toner Charging Roller, terdapat pada cartridge jenis tertentu
  6. Transfer Roller, terdapat pada printer.
  7. Upper Fuser Roller, terdapat pada printer
  8. Lower Fuser Roller, terdapat pada printer
  9. Transfer Belt, terdapat pada printer laser color
  10. ITB Cleaning Roller, terdapat pada printer laser col

 sumber : http://offio.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar