Senin, 01 April 2013

Error P10 canon MP258 MP287 error B200 IP2770

Cara mengatasi Canon Error P10 pada Printer MP258 / MP287  Canon iP2770 yang ngeblink dan Error B200

Ini merupaka kerusakan yang sulit diatasi dari kebanyakan teknisi, namun banyak juga diantara teknisi yang sudah berhasil mengatasinya 

Permasalahan dengan indikasi Error P10 atau error B200 pada printer canon tidak sepesifik disebabkan oleh satu komponen atau sparepart yang rusak, namun bermacam macam. Awal permulaan dari kasusu ini biasa terjadi karena adanya over head temperatur pada cartridge entah hitam entah warna dan yang imbas terakhirnya menusju pada rusaknya componen tertentu yang ada di mainboard.  Kita bisa memulainya dari cara yang paling mudah. Yakni dengan penggantian sparepart :
  1. Cek dulu cartridge apakah bermasalah (bisa Cartrid hitam atau warna) untuk lebih meyakinkan coba cek di printer lain yang masih normal
  2. Ganti Power suply. Dalam penggantian ini rata rata printer yang telah saya perbaiki tidak bertahan lama dan sering kambuh lagi, meski ada sebagian yang ok ok aja. Tips dari saya setelah penggantian ps jangan langsung menyalakan printer diamkan dulu beberapa jam (mau dimatikan 1 atau 2 hari jga terserah) baru nyalakan kembali printer. sebagai catatan: sebenarnya ps lama yang telah anda ganti tersebut keadaanya masih ok, klo kurang yakin silahkan pasang dan coba  di printer lain yang masih normal. Dan setelah printer normal andapun masih bisa memasang kembali PS ke printer semula tanpa harus mengganti PS.
  3. Ganti cariage unit (tempat cartridge) jarang sekali dan terus terang saya belum pernah mengatasi kasus P10 dengan mengganti sparepart ini.
  4. Dan yang terakir adalah yang paling berat yakni Mainboard yang harganya mahal bin sulit mencari barangnya. Tapi justru ini adalah kerusakan yang paling sering terjadi dan lumayan jlimet untuk memperbaikinya.Namun bagi para teknisi jangan kawatir Mainboard yang rusak tersebut masih bisa diperbaiki. Untuk lebih jelasnya silahkan download dan simak tutorial langkah langkahnya dibawah.

Cara memperbaiki mainboard Canon IP dan MP yang rusak :
Silahkan :

Ini kebanyakan terjadi di sebabkan
  • Tahanan ada yang terbakar / short
  • IC ada yang terbakar
Bagi juragan yang mengalami error P10 ato error B200 pada printer canon seri MP258 MP287 IP2770 yang positif rusak di mainboarnya, jangan terburu untuk mengganti mainboard printer dulu coba dulu tutorial di bawah untuk menyelesaikanya. Untuk memperbaikinya silahkan download tutorial lengkapnya  disini (buang tanda centang sebelah tulisan Download with ziddu accelerator and get recommended offers agar tidak berubah jadi exe )
    
download jga resetter canon terbaru
v.3400 (buang tanda centang sebelah tulisan Download with ziddu accelerator and get recommended offers agar tidak berubah jadi exe )
silahkan skip adf.ly pada pojok kanan atas untuk download

5 komentar :

  1. nice info...
    try this
    http://lohanvscucut.blogspot.com/2013/03/cara-mengatasi-kode-error-p10-pada.html

    BalasHapus
  2. hati-hati dengan modus nanang listiono saputro. mb 287 saya sudah 3 bulan belum kembali dengan alasan yang gak jelas

    BalasHapus
  3. bagaimana kalau tidak bisa masuk service mode, nyalannya lampu alrm saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu eprom rusak bro indikasi tidak bisa masuk service mode,silahkan di ganti IC EPROM yang baru.

      Hapus
  4. Langkah-langkah pengecekan...

    1. cek fusernya (F) pada MB. (Jumper Adja)
    2. Cek R861 (biasanya luka / putus.)(Ganti aja.. Tapi yang Sama)
    3. Cek R752 (Sering terbakar)(Ganti Yang Sama)
    4. Cek Jalur antara Fuser (F) sampai Ke (IC) dan R168 (Jalur Putus karena terbakar)
    5. Masih ada Komponen-komponen yang lain yang sering dan mudah rusak tapi yang sering terjadi kerusakan pada nomer 1 - 4


    NB.: Jika Ingin Mengganti Elemen yang saya sebutkan di atas.. Usahakan Elemen nya sama... karen jika beda ukuran.. nanti bisa jadi berubah trobel ke lain tempat..
    Efek jika gagal atau salah pasang / tidak cocok Elemennya../:
    1. Elmen Ke jalur IC akan putus..
    2. IC 101 & IC 102 akan mati.. dan menimbulkan efek error lain seperti P22 / P20 / P06 / E05 / P07 / P00




    BalasHapus